Ngaji Itu dengan bertalaqqi

Minggu, 26 Mei 2013

Buah keimanan 3



Keshalihan Orang Tua Berpengaruh Pada Anak


Keshalihan Orang Tua Berpengaruh Pada Anak
Ilustrasi
Dakwah313.com – Kebaikan dan keshalihan orangtua membawa pengaruh besar terhadap pembinaan jiwa anak. Mereka bisa bersama-sama membangun ketakwaan dan ketaatan kepada Allah. Dalam rangka melindungi keturanannya dari godaan setan, orangtua juga harus banyak berdo’a dan beramal shalih.


Allah Swt berfirman, dan orang-oranng yang beriman, dan yang anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan, Kami hubungkan keturunan mereka dengan mereka*, dan Kami tiada mengurangi sedikitpun dari pahala amal mereka. tiap-tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya. (QS At-Thur: 21)
Mengomentari maksud kalimat “kami hubungkan keturunan mereka dengan mereka”, Ibnu Abbas berkata, “Allah akan mengangkat derajat keturunan manusia bersama orangtuanya di surga nanti walaupun kedudukannya tidak setinggi orangtuanya”. Hal yang demikian itu dikarenakan keshalihan dan amal kebaikan orangtua.
Maka, seorang Salafus Shalih berkata kepada anaknya, “Wahai anakku, ayah banyak melakukan amal shalih ini adalah demi kebaikanmu.”
Said bin Musayyab berkata, “Setiap kali saya shalat dan teringat anak saya, saya bertambah semangat untuk memperbanyak shalat. Sebab, ada riwayat yang menyebutkan bahwa Allah memelihara hingga tujuh keturunan orang shalih. Sebagaimana yang tersirat dalam firman Allah, “Sesungguhnya penolongku adalah Allah yang telah menurunkan Al-Kitab, dan Dialah yang melindungi orang-orang shalih.”(QS Al-A’raf: 196)”
Bahkan malaikat pun turut mendoakan seluruh keluarga orang shalih.
 Ya Tuhan Kami, dan masukkanlah mereka ke dalam syurga ‘Adn yang telah Engkau janjikan kepada mereka dan orang-orang yang saleh di antara bapak-bapak mereka, dan isteri-isteri mereka, dan keturunan mereka semua. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana, (QS Al-Mu’min: 8).
*Dikutip dari Cara Nabi Mendidik Anak karangan Muhammad Ibnu Abdul Hafidh
(esqiel/muslimahzone.com)

0 komentar:

Popular Posts

My Blog List