Ngaji Itu dengan bertalaqqi

Rabu, 11 Juni 2014

Masuk Islam Setelah Terkalahkan Al qur'an






 Prof. Jeffrey Lang adalah profesor matematika di Universitas Kansas(Department of Mathematics University of Kansas), salah satu universitas terbesar di Amerika Serikat. Sejak duduk di bangku sekolah dia memang dikenal kritis, termasuk soal agama yang diyakininya.


"Seperti kebanyakan anak-anak muda di tahun 60-an dan awal 70-an, saya mulai mempertanyakan semua nilai-nilai yang kita miliki pada saat itu. Politik, sosial dan keagamaan,' kata Lang saat menceritakan awal perjalanannya sebagai seorang muslim.


Saat itu di benaknya muncul berbagai pertanyaan seperti; jika ada Tuhan dan dia adalah penyayang dan penuh kasih, maka mengapa ada penderitaan di muka bumi ini? mengapa dia tidak membawa kita ke surga-Nya saja? mengapa dia menciptakan manusia hanya untuk menderita?

Semua jawaban yang didapat dari aspek agama yang diyakininya saat itu rupanya belum membuat Lang puas. Dia lantas memutuskan untuk menjadi ateis.

Saat menjadi dosen muda jurusan matematika di Universitas San Francisco, Lang akhirnya menemukan keyakinan di mana Tuhan ternyata benar-benar ada. Hidayah muncul di benak Lang saat bertemu beberapa muslim di kampusnya.

"Kami berbicara tentang agama. Aku menanyakan beberapa hal kepada mereka dan saya benar-benar terkejut bagaimana hati-hatinya mereka dalam menjawab pertanyaan saya," kata Lang mengenang.

Saat itu, Lang bertemu Mahmoud Qandeel, seorang mahasiswa kaya raya asal Arab Saudi. Ketika Lang mengajukan pertanyaan tentang penelitian medis, Qandeel menjawab pertanyaan dalam bahasa Inggris dengan sempurna dan penuh keyakinan.  Semua orang di kelas tersebut tahu Qandeel adalah walikota, kepala polisi dan warga umum di negara asalnya.

Dosen dan mahasiswa itu akhirnya sering pergi berdiskusi masalah agama. Suatu hari, Qandeel memberi Lang salinan Alquran dan beberapa buku tentang Islam.

Lang sering membaca Alquran sendirian di ruang sebuah ruang salat yang dikelola mahasiswa muslim di kampus. Tanpa perlu lama-lama, Lang akhirnya ditaklukkan Alquran. Dua surat pertama Al Fatihah dan Al Baqarah sudah cukup membuatnya menjadi muslim.

"Seorang pelukis bisa membuat mata lukisan terlihat mengikuti Anda dari satu tempat ke tempat lain, tetapi adakah penulis yang dapat menulis kitab yang bisa mengantisipasi perubahan-perubahan sehari-hari?," puji Lang terhadap Allah dan Alquran.

Bagi Lang, Alquran bisa menjawab semua pertanyaan dan keberatan yang diajukannya, tapi di hari berikutnya saat dia membaca Alquran, dia selalu bisa mendapatkan jawabannya. Menurut Lang, Alquran sudah mengantisipasi segala pertanyaan dan pikiran yang akan diungkapkannya.

Setelah menjadi muslim, Lang menjalankan salat lima waktu secara teratur dan menemukan banyak kepuasan spiritual. Bagi Lang, salat subuh merupakan salah satu ritual paling indah dan menyentuh dalam Islam.

Kata dia, lantunan ayat Alquran sangat menyejukkan. Padahal bahasa Arab sangat asing baginya. Saat ditanya mengapa dia menyukainya, Lang menjawab itu sama saja dengan mengapa bayi terhibur oleh suara ibunya.

Dia mengatakan membaca Alquran memberinya banyak kenyamanan dan kekuatan dalam masa-masa sulit.

Di sisi lain, Lang adalah profesor di bidang matematika. Dia menerima gelar master dan doktor dari Purdue University. Lang mengatakan bahwa ia selalu terpesona oleh matematika.

"Matematika adalah ilmu logis. Matematika menggunakan fakta dan angka untuk menemukan jawaban konkret," ujarnya. "Seperti itulah cara berpikir saya dan saya akan frustasi jika berurusan dengan hal-hal yang tidak memiliki jawaban konkret."

Memiliki pikiran yang hanya menerima ide-ide berdasarkan fakta membuat orang sulit percaya agama karena sebagian besar agama butuh penerimaan melalui iman. Sedangkan Islam, bagi Lang, menarik secara iman dan penalaran.


Lang menikahi seorang wanita Muslim asal Saudi, Raika. Dia telah menulis beberapa buku Islam dan menjadi best seller di kalangan Muslim AS. Salah satu bukunya yang terkenal adalah "Even Angels ask; A Journey to Islam in America". Dalam buku ini, Lang banyak berbagi tentang wawasan yang membuka dirinya terhadap Islam.***

Beliau menuturkan kisahnya—dalam Bahkan Malaikat pun Bertanya, hal 263-265 dengan sedikit revisi terjemahan—berikut ini :
“Sehari setelah saya masuk Islam, saya mulai mengikuti salat berjamaah lima waktu di mesjid University of San Fransisco (USF). Karena saya adalah staf fakultas, mudah bagi saya—sambil bekerja—untuk mengikuti tiga salat pertengahan (Zuhur, Ashar, Maghrib). Di samping itu karena apartemen saya cukup dekat dari kampus, saya bisa mengikuti jamaah dua salat lainnya. Yang saya sesalkan, konversi saya ke dalam Islam menjadi berita besar di kampus…bagaimanapun juga, masuk Islamnya seorang staf sebuah universitas Katolik terkenal, sekurang-kurangnya, layak diperhatikan…

Video ya ToNtOn JuGaNyA :














Buku ya bila ingin beli di : Klik Disini berbahasa inggris

ISBN: 0915957671 
Author: Jeffrey Lang 
Publisher: Amana Publications 
Pages: 230 Binding: Paperback 


Fanpage ya : Klik Disini






0 komentar:

Popular Posts

My Blog List